Pendidikan di era digital semakin menekankan pentingnya penguasaan keterampilan teknologi, khususnya dalam bidang pemrograman komputer. Namun, memperkenalkan konsep pemrograman kepada para siswa dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama jika pendekatan yang digunakan kurang tepat. Salah satu pendekatan yang telah terbukti efektif adalah dengan memberikan pengalaman praktik langsung kepada para siswa, minim teori namun memaksa mereka untuk memahami konsep secara lebih mendalam.
Dalam pembelajaran pemrograman, terdapat kecenderungan untuk memberikan penekanan yang berlebihan pada teori dan konsep tanpa memberikan kesempatan yang cukup bagi siswa untuk berinteraksi langsung dengan kode. Padahal, praktik langsung memiliki keunggulan dalam memperkuat pemahaman konsep secara lebih efektif. Melalui praktik langsung, siswa dapat langsung melihat dampak dari kode yang mereka tulis, sehingga mereka lebih mudah memahami bagaimana konsep-konsep pemrograman diterapkan dalam praktik sehari-hari.
Meminimalkan teori dalam pembelajaran pemrograman bukan berarti menghilangkan pemahaman konsep yang mendasar. Sebaliknya, pendekatan ini lebih menekankan pada pengalaman praktis yang langsung menghadapkan siswa pada tantangan yang dihadapi dalam menyelesaikan masalah pemrograman. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar teori secara pasif, tetapi mereka juga terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dengan mencoba dan menguji ide-ide mereka dalam lingkungan yang nyata.
Pendekatan praktik langsung dalam pembelajaran pemrograman memaksa siswa untuk memahami konsep-konsep melalui pengalaman langsung, menuntut mereka untuk aktif terlibat dalam menyelesaikan masalah nyata dengan menulis kode. Dengan demikian, siswa tidak hanya memahami sintaksis tetapi juga alasan di balik penggunaan konsep tersebut. Pendekatan ini memperkuat pemahaman siswa, mengasah keterampilan pemecahan masalah mereka, dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif dengan memberi mereka kontrol atas ritme pembelajaran mereka sendiri. Dengan fokus pada interaksi langsung dan keterlibatan aktif siswa, pendekatan ini membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan efektif untuk memperkenalkan pemrograman kepada para siswa.
Passionate Informatics Teacher at SMAIT Assyifa Boarding School Wanareja Subang | Empowering Students for Future Success in Technology